IDPOST.ID – Pemerintah Kota Blitar tak main-main tingkatkan respons pengaduan warga. Diskominfotik gelar pelatihan kilat SP4N LAPOR! bagi puluhan pengelola aduan se-Kota Blitar, Selasa (24/6/2025).
Plh. Sekda Widodo Saptono Johannes buka acara dengan pesan tegas untuk tidak bekerja sendiri-sendiri.
“Jangan kerja sendiri-sendiri! Sinergi dinas terkait wajib digeber biar aduan warga nggak numpuk dan salah tangani,” katanya.
Pelatihan di Ruang ISC Diskominfotik ini hadirkan jagoan pengaduan dari Kota Malang juara 2 nasional 2024.
Langkah Blitar belajar dari kota tetangga ini diakui Kepala Diskominfotik Mujianto sebagai strategi percepat perbaikan layanan.
“Kita ambil ilmunya biar nggak ketinggalan. Yang paling vital: kecepatan respons dan bukti tindak lanjut harus bener, nggak asal tutup aduan,” ucapnya.
Peserta dilatih jurus jitu mulai dari trik komunikasi saat warga emosi, cek kelengkapan dokumen, hingga eskalasi ke pimpinan jika aduan kompleks.
“Dokumentasi itu nyawa pertanggungjawaban kita ke publik,” sambung Mujianto.
Pelatihan ini jadi sinyal kuat Pemerintah Kota Blitar serius wujudkan pelayanan publik yang cepat, akurat, dan nggak bikin warga kesel!