IDPOST.CO.ID – Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) melalui Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) menyelenggarakan pelatihan digital marketing di Gentan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang dimulai sejak (14/01/24) hingga Sabtu (20/01/24).
Dosen pembimbing lapangan PPMT Nugroho Agung Prabowo mengatakan, setelah pasca Covid-19 melanda Indonesia, sebagian besar UMKM terutama skala usaha mikro pada industri rumahan atau home industry mengalami penuruan omset.
Hal ini dialami juga oleh para pelaku usaha UMKM di wilayah Magelang khususnya di Desa Pasuruhan, Magelang, yang sebagian besar menggantungkan hidupnya dari usaha rumahan.
“Karena peduli terhadap dampak tersebut, UNIMMA menyelenggarakan pelatihan digital marketing bagi pelaku UMKM yang dilakukan secara berkesinambungan. Diantaranya dilakukan di Gentan Mertoyudan Magelang yang memiliki komoditas utama susu kambing,” terangnya.
Ia berharap kehadiran UNIMMA lewat PPMT yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Magelang, menjadi alternatif bagi pelaku usaha mikro dalam memasarkan produknya bukan hanya secara konvensional tetapi mengembangkan model pemasaran secara online.
Program pengabdian masyarakat dengan menerjunkan dosen dan mahasiswa di bidang digital marketing memberikan pelatihan seputar pemasaran online mulai dari pengenalan teknologi digital marketing sampai dengan memasarkan produk lewat internet dan marketplace.
Menyikapi itu, salah satu pelaku UMKM Gentan Taufik Nurbakin membenarkan kalau produknya pasca COVID-19 omsetnya mengalami penurunan.
“Saat ini turun, karena pasar yang selama ini menyerap produk susu warga Gentan belum optimal, selain itu l daya beli masyarakat dan pemasarannya masih bersifat lokal di sekitar tempat usaha kami”, terangnya.
Hal tersebut merupakan masalah utama yang dialami oleh pelaku usaha UMKM khususnya di Dusun Gentan, bukan hanya di produk olahan susu kambing tetapi produk-produk rakyat lainnya seperti olahan makanan, kerajinan dan produk-produk skala mikro lainnya.
Dusun Gentan merupakan salah satu Dusun yang sangat berpotensi dalam pengembangan usaha kerakyatan. Namun, belum di barengi dengan pengetahuan tentang teknologi pemasaran yang modern seperti digital marketing, sehingga hasil usahanya belum optimal dan masih menggantungkan pasar lokal.
Sejumlah mahasiwa dari program studi Teknik Informatika dan Manajemen UNIMMA yang kompeten di bidang marketing digital diikutkan dalam mendampingi selama program pelatihan tersebut. Termasuk dalam pembuatan konten digital sampai dengan pengelolaan media sosial dan pengelolaan pembukuan keuangan usaha yang modern.
Penerjunan mahasiswa PPMT tahun 2023- 2024 ini telah dilaksanakan semenjak tanggal 14 Desember 2023 dan akan berlangsung selama berkelanjutan di lokasi yang telah ditentukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Magelang.
Program yang bersifat transfer knowledge dan pendampingan ke pelaku usaha sampai masyarakat benar-benar dapat memahami dan melakukan pemasaran melalui internet atau online dilakukan oleh kelompok PPMT Gentan.
Kelompok tersebut terdiri dari beberapa mahasiswa yaitu Shafira Lailiyah, Aprilia Sekar Wulan, Kayla Khairunnisa Riyanto, Salsa Radna Kamilia, dan Astia Kinasih.
Kelompok PPMT Gentan membuat program selama 150 jam untuk mendampingi dan mengembangkan efek digital pada masing-masing usaha yang ada di Gentan.
Dalam pelatihan dan pendampingan kali ini di ikuti oleh 33 kelompok usaha mirkro disekitar dusun Gentan dan juga diikuti oleh karang taruna yang ingin mengenal tentang dunia digital marketing.
Perasaan senang dan terima kasih di ungkapkan oleh Yuli dan Arif selaku peserta dari pelatihan digital marketing tersebut karena telah mendapatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.
“Selain dapat meningkatkan pemasaran produk, kami para peserta juga mendapatkan ilmu baru tentang penjualan secara online dimana keterbatasan pasar dapat diatasi dengan memanfaatkan internet sehingga pemasaran bisa dapat lebih luas dan diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang lebih besar,” ucapnya.